Cerita Inspirasi Muslim

Menanam Hikmah Dalam Diri Setiap Muslim

Tanah Mencuri Uangku!

Ibnu Al-Jauzi r.a. menuturkan bahwa suatu ketika seorang saudagar dari Khurasan berniat untuk berangkat ibadah haji. la mempersiapkan diri menuju Arafah dan di tangannya masih ada kelebihan uang seribu dinar.

Dikarenakan ia tidak memerlukan uang tersebut dalam ibadah hajinya, ia pun menyembunyikannya di bawah pohon khuru' tanpa seorang pun yang melihat.

Sepulangnya dari ibadah haji, sang saudagar pun berniat mengambil uangnya yang dipendam di dalam tanah. Namun, alangkah terkejutnya ketika mendapati uangnya lenyap di tempat penyimpanannya.

la pun menangis dan mengadukan hal tersebut kepada para sahabatnya, "Tanah telah mencuri uangku!"

Salah seorang sahabatnya memberi saran agar ia melaporkan kejadian itu kepada Khalifah Adhudid Daulah yang dikenal cerdas. Meskipun setengah percaya, ia pun berangkat menemui Khalifah Adhudid Daulah.

Setelah mendengar dengan saksama penjelasan saudagar dari Khurasan tersebut, Khalifah Adhudid Daulah mengumpulkan para tabib dan bertanya kepada mereka, "Apakah di antara kalian ada yang pernah mengobati dengan akar pohon khuru' baru-baru ini?"

Salah seorang dari mereka menjawab, "Benar, aku pernah mengobati salah satu pembantu dekatmu dengan akar tersebut."

"Dari mana kau mendapatkan akar tersebut?" tanya khalifah kembali.

"Lebih baik tanyakan langsung kepadanya," sang tabib memberi saran agar khalifah langsung bertanya kepada pembantunya.

la pun memerintahkan pengawalnya untuk memanggil pembantu dekatnya tersebut. Kepadanya khalifah bertanya, "Benarkah engkau berobat dengan akar pohon khuru'?"

"Benar," jawab pembantu itu.

Kemudian khalifah menanyakan asal usul akar pohon khuru' yang digunakannya. Ternyata ia memperolehnya dari tukang permadani. Setelah tukang permadani itu dipanggil ke hadapannya, ia mengakui telah mengambil langsung akar khuru' tersebut dari pohonnya.

Khalifah menyuruh tukang permadani menunjukkan pohon khuru' yang ia maksud dengan didampingi oleh saudagar dari Khurasan tersebut. Ternyata benar, ia mengambil akar dari pohon tempat si saudagar menyimpan uangnya.

Setelah khalifah mengurutkan kejadian dan menemukan masalahnya, ia menyuruh tukang permadani untuk mengembalikan uang temuannya kepada si saudagar.

Followers

Blog Archive