Cerita Inspirasi Muslim

Menanam Hikmah Dalam Diri Setiap Muslim

Air dan Sawiq

Yahya bin Ja'far menuturkan bahwa ia mendengar Abu Hanifah r.a. mengisahkan:

Aku sangat membutuhkan air, lalu pergi ke sebuah kampung. Setibanya di sana datanglah seorang Arab Badui yang membawa sekendi air. la menolak memberi air itu, kecuali membelinya sebanyak lima dirham. Aku pun membayar lima dirham dan sekendi air itu aku terima.

Kemudian aku menawarkan kepada orang itu kue Sawiq yang berminyak, "Maukah engkau makan Sawiq?" la tidak menolaknya dan memakannya hingga kenyang. Hal yang lazim jika ia kemudian merasa haus. Orang itu pun meminta air. Aku menjawab, "Lima dirham".

la pun membayar dengan uang lima dirham yang tadi aku berikan untuk membeli sekendi airnya untuk membeli secawan air yang aku berikan. Akhirnya, aku memperoleh uang lima dirhamku kembali beserta sisa air dalam kendi yang masih ada di tanganku.
loading...

Blog Archive

loading...