Cerita Inspirasi Muslim

Menanam Hikmah Dalam Diri Setiap Muslim

Perjuangan demi Satu Hadis

Katsir bin Qais r.a meriwayatkan, "Ketika aku sedang duduk bersama Abu Darda r.a dalam sebuah masjid di Damsyik, seorang laki-laki menghampirinya seraya berkata, 'Wahai Abu Darda', aku datang dari Medinah untuk mempelajari satu hadis darimu karena aku diberi tahu bahwa engkau adalah orang yang mendengar langsung dari Rasulullah saw.'

Abu Darda r.a. bertanya, 'Apakah kamu mempunyai tujuan lain ke Damsyik?'

'Tidak,' jawab orang tersebut.

Abu Darda r.a. kembali bertanya, 'Apa kamu yakin tidak mempunyai tujuan lain selain itu untuk pergi ke Damsyik?'

'Aku datang ke tempat ini semata-mata untuk mempelajari hadis ini,' jawabnya.

Abu Darda r.a. berkata, 'Dengarlah, aku telah mendengar dari Rasulullah bahwa beliau bersabda, "Allah akan memudahkan jalan ke surga kepada seseorang yang berjatan beberapajouh untuk mencari ilmupengetahuan. Para Malaikat pun akan menghamparkan sayap-sayap mereka di bawah kakinya dan semua makhluk yang berada di langit dan bumi akan mendoakan agar dia memperoleh ampunan. Kelebihan seseorang yang berpengetahuan daripada seorang yang hanya beribadah adalah seperti kelebihan bulan dari bintang-bintang. Para ulama adalah pewaris RasuluHah dan warisan Rasuluilah bukanlah dinar ataupun dirham, tetapi Hmu pengetahuan. Barangsiapa mengambHnya, berarti ia telah memperoleh kekayaan yang tak ternilai banyaknya.'" (HR Ibnu Majah)

Sya'bi r.a adalah seorang muhaddits yang terkenal dari Kuffah. Suatu ketika ia meriwayatkan suatu hadis kepada salah seorang muridnya. la berkata, "Sekarang dengan duduk di tempat tinggal kalian sendiri, kalian dapat mendengarkan dan mempelajari hadis. Padahal, dulu untuk mempelajarinya, mereka yang berasal dari berbagai penjuru dunia berdatangan ke Medinah karena saat itu Medinah adalah tempat untuk belajar."

Sa'id bin Al-Musayyab r.a pun melakukan hal yang sama. la adalah tabiin yang termasyhur. Ia berkata, "Untuk mempelajari satu hadis saja, terpaksa aku mengembara dengan berjalan kaki selama beberapa hari."

Subhanallah, mereka adalah ulama-ulama yang bersungguh-sungguh mengorbankan harta dan jiwa mereka untuk memperdalam ilmu Allah. Sudah dapat dipastikan bahwa mereka telah merasakan manfaat yang begitu besar dari ilmu tersebut.
loading...

Blog Archive

loading...