Cerita Inspirasi Muslim

Menanam Hikmah Dalam Diri Setiap Muslim

Biarkan Orang Cerdas Itu Bersama Kita

Suatu hari Khalifah Harun Ar-Rasyid menyamar sebagai orang awam didampingi oleh Yahya bin Khalid, Khalid sang sekretaris, Ishak bin Ibrahim Al-Maushili, dan Abu Nuwas yang sama-sama berpakaian seperti orang biasa.

Mereka menaiki perahu penyeberangan bersama-sama. Kemudian seorang awam asing ikut menyeberang dan bergabung dengan mereka di dalam perahu penyeberangan itu.

Harun Ar-Rasyid merasa tidak nyaman dengan kehadiran orang tersebut. la pun berniat untuk mengusirnya dari dalam perahu. Lalu, Abu Nawas berkata, "Akulah yang akan mengeluarkannya tanpa membuat dia tersinggung."

Abu Nuwas kemudian berdiri seraya berkata keras kepada semua penumpang yang hadir di situ, "Aku yang menanggung makan kalian hari ini hingga minggu depan!"

Harus Ar-Rasyid mengerti maksud Abu Nawas, lalu berkata, "Aku yang akan menanggung minum kalian hari ini hingga minggu depan!"

Lalu, Yahya bin Khalid ganti berdiri seraya berseru, "Aku yang akan menanggung wewangian pakaian kalian hari ini hingga minggu depan!"

Kemudian Khalid yang berdiri setelahnya berkata, "Aku yang menanggung sayur-mayur kalian hari ini hingga minggu depan!"

Mereka tinggal menanti saat orang awam itu keluar dengan sendirinya. Mereka yakin bahwa orang awam itu tidak memiliki apa-apa untuk menanggung mereka sehingga ia akan keluar dari perahu karena malu.

Namun, setelah beberapa saat, orang awam itu tetap tidak bergeming. Abu Nuwas pun menoleh ke arahnya seraya bertanya, "Anda menanggung apa untuk kita semua?"

Dengan santai ia menjawab, "Aku menanggung janji bahwa aku tidak akan berpisah dengan kalian hari ini hingga minggu depan!"

Mendengar jawaban cerdas itu, Ar-Rasyid pun berkata, "Biarkan orang cerdas itu ikut bersama kita!"
loading...

Blog Archive

loading...