Cerita Inspirasi Muslim

Menanam Hikmah Dalam Diri Setiap Muslim

Ibu Kandung Sebenarnya

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah saw mengisahkan sebagai berikut:

Alkisah, dua orang wanita pergi bersama-sama dengan membawa bayi mereka. Di tengah perjalanan, seekor serigala menerkam salah satu dari kedua bayi tersebut. Lalu, keduanya berseteru memperebutkan bayi yang selamat dan sama-sama mengaku sebagai ibunya yang asli.

Karena tidak ada yang mau mengalah, keduanya pun pergi menemui Nabi' Daud a.s. untuk menengahi perselisihan mereka. Akhirnya, Daud a.s memutuskan dengan alasan-alasan yang diperolehnya bahwa ibu yang asli dari si bayi tersebut adalah yang paling tua dari kedua wanita tersebut.

Dalam perjalanan pulang, kedua ibu tersebut bertemu dengan Nabi Sulaiman a.s. Wanita yang lebih muda tadi tidak terima dengan keputusan Nabi Daud a.s., ia pun mengadu kepada Nabi Sulaiman a.s.

Setelah mendengar cerita mereka berdua, Sulaiman a.s. menemukan cara untuk mengetahui siapa ibu kandung yang asli di antara mereka. la pun berpura-pura meminta sebilah pisau seraya berkata, "Berikan kepadaku sebilah pisau untuk memotong tubuh bayi itu menjadi dua bagian, masing-masing dari kalian akan mendapat separuh badan bayi ini," tegas Sulaiman a.s. kepada kedua ibu tersebut.

Wanita yang lebih tua segera mendukungnya, "Ya, belahlah dia!"
Sedangkan, wanita yang lebih muda lantas bersujud memohon, "Jangan! Jangan kau lakukan itu! Semoga Allah merahmatimu. Lebih baik serahkan saja bayi itu kepadanya!"

Melihat reaksi kedua wanita itu, Nabi Sulaiman a.s. sudah bisa memastikan bahwa wanita yang lebih muda adalah ibu kandung bayi tersebut. Alasannya jelas, seorang ibu tidak akan tega melihat anaknya sendiri terluka apalagi jika dibelah.

Ia pasti akan memilih anaknya dibiarkan tetap hidup meskipun menjadi milik orang lain. Demikianlah taktik yang dilakukan oleh Nabi Sulaiman a.s. sehingga terbukti benar bahwa wanita muda itulah ibu kandung dari bayi mungil tersebut.
loading...

Blog Archive

loading...