Cerita Inspirasi Muslim

Menanam Hikmah Dalam Diri Setiap Muslim

Kisah Watshilah bin Asqa'

Hiruk-pikuk pedagang dan pembeli mewarnai pasar ternak kala itu. Watshilah bin Asqa' salah seorang sahabat Rasulullah - melihat dua orang yang saling menawar harga seekor unta. Harga pun disepakati. Sang pembeli membayar 300 dirham untuk unta yang ia beli.

Ketika sang pembeli menggiring untanya, Watshilah melihat ada yang tidak beres dengan kaki unta tersebut. Ia bergegas memanggil si pembeli seraya bertanya, "Apakah kau membeli unta itu untuk disembelih atau untuk dijadikan kendaraan?"

Si pembeli menjawab, "Unta ini untuk kendaraan."

Watshilah memberitahukan kondisi kaki unta yang cacat kepada si pembeli dengan berkata, "Lihatlah, di kakinya terdapat lubang karena cacat!"

Menyadari hal itu, si pembeli kembali menemui si penjual untuk menggugatnya. Akhirnya, si penjual mengembalikan 100 dirham sebagai kesepakatan harga unta yang baru.

Setelah penjual mengetahui bahwa Watshilah-lah yang telah membongkar cacat hewan jualannya, si penjual berkata, "Semoga engkau dikasihi Allah karena telah merusak jual beliku!"

Watshilah membalas, "Kami telah berbaiat kepada Rasulullah saw untuk berlaku jujur terhadap setiap muslim, sebagaimana sabda Rasulullah saw, "Tiada halal bagi siapa pun untuk menjual barangnya, kecuali dengan menjelaskan cacatnya, dan tiada halal pula bagi orang yang mengetahui hal itu kecuali menjelaskannya." (HR Hakim dan Baihaqi)
loading...
loading...