Cerita Inspirasi Muslim

Menanam Hikmah Dalam Diri Setiap Muslim

Bukti Kejujuran

Lukman Al-Hakim adalah seorang sahabat berkulit hitam yang jujur. la adalah seorang penggembala yang selalu benar dalam berkata-kata, menunaikan amanat, dan meninggalkan sesuatu yang tidak berguna.

Suatu ketika Lukman disuruh tuannya untuk memanen hasil kebun bersama budak lainnya. Namun, para budak itu melakukan perbuatan yang sangat tidak terpuji. Mereka tergiur untuk memakan semua hasil panen buah-buahan segar tersebut.

Ketika para budaknya kembali dengan tangan kosong, sang majikan berang dan menanyakan siapa yang telah menghabiskan hasil panennya itu. Para budak menuduh bahwa Lukmanlah pelakunya.

Mendengar tuduhan itu, Lukman berkata, "Sesungguhnya orang munafik itu tidak amanah di sisi Allah. Saya bisa membuktikan siapa sesungguhnya yang memakan buah-buahan itu."

Ia pun mengambil air putih dan menyodorkan kepada para budak seraya berkata, "Mari kita minum air putih ini agar bisa memuntahkan makanan yang baru kita makan." Para budak tidak berani mengelak karena tuannya pun mendukung usul Lukman.

Ketika semua memuntahkan isi perutnya, terlihat bahwa Lukman hanya memuntahkan air bersih, sedangkan yang lainnya memuntahkan buah-buahan. Jadi, terbuktilah bahwa Lukman adalah orang jujur dan tidak bersalah.

Followers