Cerita Inspirasi Muslim

Menanam Hikmah Dalam Diri Setiap Muslim

Kecerdasan Ummu Salamah r.a.

Nama Ummu Salamah r.a. adalah Hindun bin Abi Umayyah Al-Makhzumiyyah. la berasaldari Bani Makhzum, salah satu kabilah terpandang dari suku Quraisy. la adalah wanita cantik, cerdas, dan dermawan. Kecantikannya membuat Aisyah r.a. dan Hafshah r.a. cemburu ketika Rasulullah saw. menikahinya.

Kecerdasan dan kematangan berpikirnya terbukti dalam kejadian yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad r.a. dan Al-Bukhari r.a. berikut. Setelah Rasulullah saw melakukan Perjanjian Hudaibiyah, banyak kaum muslimin yang meragukan perjanjian tersebut karena dianggap lebih menguntungkan kaum musyrikin Quraisy di Mekah ketimbang kaum muslimin.

Ketika Rasulullah saw. menyeru para sahabatnya, "Hendaklah kalian bangkit untuk menyembelih unta kalian dan mencukur rambut!" Tak seorang pun dari kaum muslimin yang melakukannya, bahkan ketika Rasulullah saw. mengulangi sabdanya hingga ketiga kali.

Rasulullah saw. masuk ke dalam rumah dengan lunglai dan menemui Ummu Salamah r.a. Beliau menceritakan sikap para sahabat yang tidak mematuhinya.

Kemudian wanita cerdas itu memberi saran, "Wahai Rasulullah. Adakah engkau menginginkan sesuatu? Keluarlah engkau tanpa bicara sepatah kata pun, lalu sembelihlah untamu dan panggilah tukang cukur agar mencukur rambutmu!"

Rasulullah saw. akhirnya keluar rumah dan mengikuti saran istrinya. Ketika kaum muslimin menyaksikan beliau menyembelih unta dan mencukur rambut, mereka serentak bangkit untuk menyembelih untanya.

Sementara itu, sebagian yang lain saling mencukur rambutnya hingga nyaris terjadi pertengkaran karena berlomba-lomba ingin mengikuti Rasulullah saw.

Demikianlah Ummu Salamah r.a. mendukung perjuangan sang suami dalam melaksanakan tugasnya sebagai Rasul Allah dengan pemikiran-pemikiran cerdasnya.
loading...

Blog Archive

loading...